6 Karakter Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Newbie!

Catatan saya ini dulu saya kumpulkan waktu pengen mulai jualan online. Dan ada salah satu catatan yang menarik, yaitu tentang karakter seorang pebisnis.

  1. Self-driven
    Ini bahasa Indonesianya apa ya? Bukan self-motivated sih, tapi lebih dalam dari itu. Self-driven ini, justru pangkal awal dari motivasi.

    Tanpa ada motivasi pun, seseorang yang punya self-driven tinggi, tetap akan bergerak maju berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.
    Self-driven itu penting untuk pebisnis, karena menjalankan bisnis biasanya penuh tantangan kan.

    Tercapai atau tidak goals dia saat ini, seorang pebisnis yang punya self-driven kuat, akan tetep berusaha menjalankan bisnisnya.

    Ya, tentu saja, dengan mau mengakui kesalahan, dan langsung move on untuk cari strategi baru.
  2. Percaya diri
    Yah, kalau nggak percaya diri bagaimana mau jualan? Tapi nggak berarti harus sombong, ya. Percaya diri itu yakin bahwa yang ia lakukan baik, jadi tidak perlu merasa malu untuk menjalankan bisnisnya.
  3. Punya hubungan baik dengan uang
    Seorang pebisnis tahu bagaimana menghargai uang; ia tidak akan menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dijauhi, tapi juga tidak akan menghamburkannya dengan mudah, saat uang berada ditangannya.
  4. Mandiri
    Bahasa sononya itu, self reliant, bisa mengandalkan dirinya sendiri.
    Jadi business owner kan nggak mudah ya, selain harus bisa memanajemen tim, perlu mampu untuk mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang.
  5. Humble
    Nah, ini wajib banget nih. Meskipun kita bukan pebisnis, kita tetap wajib untuk rendah hati. Apalagi sebagai pebisnis, yang dasarnya kita “serving others”, melayani orang lain. Kalau nggak rendah hati, gimana dong? Mana ada orang yang mau beli dari orang sombong? Ada pun, mungkin karena terpaksa, di tempat lain sedang tidak ada.
  6. Berpikiran terbuka/Open mind
    Seorang pebisnis perlu punya pikiran yang terbuka. Dengan cara ini, ia dapat beradaptasi dengan perubahan, dan memiliki banyak alternatif jawaban saat terjadi masalah.

Itulah 6 hal yang perlu kita miliki jika kita ingin menjadi pebisnis yang andal.

Teman-teman sudah punya karakter nomor berapa saja?Admin masih pengen meningkatkan karakter nomor 1 dan nomor 3, nih.

Masih belajar bagaimana memperlakukan uang dengan baik, mulai dari cara memperolehnya, membelanjakannya, juga menyimpannya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *