8 Skill Ini Wajib Kamu Ketahui

Menurut Yodhia Antariksa, seorang trainer sekaligus penulis buku Life Skills , beberapa kecakapan hidup ini bisa menjadi kunci untuk keluar dari keterpurukan. Nah, dari sekian banyak life skill, penulis menunjuk 8 yang paling berpengaruh.

Kalau ada orang yang merasa gagal dalam hidupnya, atau dari zaman majapahit nasibnya gitu-gitu aja, itu sedikit banyak dipengaruhi oleh bagus tidaknya lifeskill ini.

Sayangnya, lifeskill ini nggak diajarin di sekolah. Ini buktinya….
Pernahkah kita di sekolah diajarkan bagaimana cara mengatur uang? Pernahkah kita diajarkan di sekolah bagaimana cara mengatur pikiran?

Tapi jangan khawatir! Di sini, saya akan kasih kamu 8 skill yang kudu harus dan wajib kamu miliki. Supaya apa? Supaya kamu bisa hidup dengan lebih baik kedepannya.

  • Skill pembelajar mandiri
  • Skill untuk tetap gigih dalam berjuang
  • Skill mengatasi masalah secara kreatif
  • Skill produktivitas personal
  • Skill mengatur pikiran
  • Skill profesional
  • Skill pembelajar digital
  • Skill manajemen keuangan

OK? Kita bahas satu-satu ya.

Skill pembelajar mandiri

Ini adalah salah satu kunci untuk bisa mencapai kesuksesan yang epik. Apalagi di zaman sekarang, mudah sekali belajar dari sumber manapun. Mau bikin ayam geprek, buka aja youtube. Mau tips dan trik melamar pekerjaan? Cari aja dari google. Mau belajar bisnis online, buka aja grup ini, hehehe.

Tapi oh tapi, kalau kamu nggak bisa menggunakan semua sumber yang luar biasa itu ya… mubazir. Lihat saja betapa banyak anak muda yang nggak mau belajar tapi malah sibuk joget di tik-tok?

Padahal mereka jelas-jelas butuh belajar. Belajar apapun demi masa depan yang gemilang.Jadi, begitulah. Skill untuk menjadi pembelajar mandiri ini super ultra hyper penting banget!

Skill kegigihan

Mana yang menang? Antara orang yang cerdas atau orang yang gigih?

Well, orang cerdas emang udah dari sononya cerdas. Tapi bila tidak disertai dengan kegigihan, maka dia akan segera kalah oleh orang kedua. Sebab, semua hal perlu proses.

Dan proses ini makan waktu. Kecerdasan membuat banyak aktifitas menjadi cepat selesai dengan hasil yang baik. Namun dengan kegigihan, kamu akan menyelesaikan lebih banyak lagi.

Contohnya. Pernah nggak kamu ngerjain proyek besar tapi di tengah jalan kehilangan semangat?
Kalau udah ilang semangat penginnya maleeees aja. Penginnya udahan terus rebahan, wkwkwkw. Itu namanya nggak punya skill kegigihan.

Skill ini dimiliki oleh para orang besar. Buktinya apa? Coba bayangkan kalau founding fathers negara kita nggak punya skill ini.

Lagi mikir gimana caranya proklamasi kemerdekaan akhirnya nyearah dan pilih rebahan aja. Wkwkwkw.
Mau jadi apa negara ini?

So, itu dua DUA dari DELAPAN skill yang paling penting dalam hidup kita.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *