AMAN? BERBISNIS DI MASA PANDEMI? INI TIPS CARA BERBISNIS DI MASA PANDEMI CORONA

Kena PHK, terus baiknya sekarang mau apa, ya? Kira-kira aman nggak ya, kalau buka usaha di saat pandemi seperti ini? Saat daya beli orang turun, banyak toko tutup, apa iya, kalau buka usaha akan untung?

Begitulah, di tahun ini, kita memang harus terus-menerus beradaptasi dengan banyak hal cara bekerja, cara berpikir, bahkan hidup sehari-hari pun harus kita sesuaikan.

Bagaiman Dengan Gaji?

Bisnis pun banyak yang tutup, karyawan dirumahkan, atau jika masih bekerja, maka gaji dipotong, menyesuaikan dengan profit perusahaan. Padahal, kebutuhan sehari-hari tidak kenal pandemi, semua harus dipenuhi, tidak peduli gaji yang kita terima full atau tidak, atau gaji bulan lalu ternyata adalah gaji terakhir kita.

Tapi manusia memang makhluk yang cerdas. Mereka dikaruniai kekuatan untuk bertahan.

Para content creator beramai-ramai membuat konten pengisi kebosanan, dan para pengusaha, menyemangati mereka yang terkena PHK untuk mencoba membuka peluang usaha baru.

Menghadapi Resesi

Ide yang kedua ini, sepertinya terdengar aneh ya, disaat daya beli masyarakat turun, bagaimana mungkin membuka usaha baru, yang peluangnya tentu saja belum pasti.

Tapi jangan dulu buru-buru kesal. Di dunia ini ada banyak raksasa bisnis yang justru lahir saat resesi.. Keren yaa

General Motors misalnya, pertama berdiri 1908 saat ekonomi Amerika mengalami kepanikan luar biasa.

Sementara Burger King membuat patty pertamanya di tahun 1953, saat itu, lagi-lagi ekonomi Amerika sedang dalam resesi. Bahkan kantor berita CNN, menayangkan berita pertama kali disaat inflasi AS mencapai 15%.

Contoh diatas adalah bukti jika usaha saat resesi atau krisis ekonomi sangatlah mungkin.

Banyak ahli ekonomi yang mengatakan jika membuka usaha di masa krisis seperti pandemi saat ini, akan membuat usaha lebih mudah bertahan di masa depan.

Saat susah modal, kita akan berusaha mati-matian mencari cara untuk membiayai operasional bisnis kita kan? Saat pelanggan susah datang, kita mulai belajar membuat promosi, iklan kepada kawan (yang biasanya justru paling sulit), belajar promo dengan media social dan masih banyak lagi.

Masalah yang datang silih berganti membuat pengusaha baru kaya pengalaman dan akan lebih kuat menghadapi masalah.

Alasan lain?

Dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, kita jadi punya lebih banyak waktu untuk memikirkan business plan, mempertimbangkan resiko, atau mencari model bisnis dibanding hari-hari kemarin.

Alasan masuk akal lainnya, tentu saja peluang. Lihatlah ada banyak ide usaha muncul selama pandemi ini. Tetangga yang kemudian mulai jualan es, kue, membuat masker, makanan siap saji, dan masih banyak lagi.

Jadi gimana, masih ragu nggak nih, buka usaha di masa pandemic begini? Kira-kira, apa peluang usaha yang pengen anda coba saat ini?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *