Bagaimana Cara Menambah Jumlah Follower Instagram Dengan Efektif?

Menambah Jumlah Follower

Apa nasehat pertama untuk orang yang jualan di Instagram? Menambah follower. Alasan dibalik nasehat ini sederhana saja, makin banyak follower, makin banyak lead (calon pembeli) yang datang. Inilah yang kemudian menjadi alasan, para pebisnis online berusaha keras untuk menaikkan jumlah followernya.

Sayangnya, menambah jumlah follower bagi olshop atau pebisnis kelas menengah juga bukan hal yang mudah. Masih ditambah fakta, jika jumlah follower yang banyak tanpa engagement yang baik, juga semakin menurunkan kemungkinan penjualan. Karena itu, selain berusaha meningkatkan jumlah follower, kamu juga perlu membuat konten berkualitas, guna menciptakan engagement yang baik. 

Tips menambah jumlah follower dan engagement Instagram 

Menambah Jumlah Follower

Kamu dapat menambah jumlah follower dan engagement di Instagram dengan dua cara, menggunakan tools ataupun secara manual. 

Cara menambah jumlah follower di Instagram

Untuk menambah jumlah follower di Instagram, kamu dapat memanfaatkan beberapa tools yang sudah tersedia di toko aplikasi atau situs yang menyediakan kemudahan bagi pebisnis kecil atau UMKM. 

Tools untuk menaikkan jumlah follower

1. Cross-Promote link

Menambah Jumlah Follower

Pernah mendengar istilah cross-promote link? Istilah sederhananya, mempromosikan tautan,- baik itu tautan blog, toko di e-commerce, atau media sosial lain yang kamu miliki,- pada kolom Bio yang ada di Instagram. 

Cara promosi ini didasarkan pada pemikiran, jika follower di setiap media sosial tentu memiliki ketertarikan yang berbeda-beda; namun dapat menjadi target konsumen yang sama untuk produk/ jasa kamu. 

Hampir sebagian besar pebisnis online menggunakan cara ini untuk menaikkan jumlah follower, tidak hanya di Instagram, namun juga pada media sosial lainnya. 

Jika teman-teman memiliki banyak link (toko online, toko di e-commerce, landing page, blog), teman-teman dapat menggunakan tools seperti Linktree, Woorise, Kicksta untuk meletakkan beberapa tautan pada link Bio Instagram. 

Jangan lupa, perbaiki juga kualitas konten di setiap platform pemasaran digital milik teman-teman. Amati juga statistik yang diberikan oleh Instagram pada halaman Insight untuk mengetahui sejauh mana pengubahan link pada Bio Instagram mempengaruhi penambahan jumlah follower. 

2. Gunakan tools Instagram planner

Menambah Jumlah Follower

Semakin konsisten teman-teman membuat update post di Instagram akan semakin memperbesar kesempatan untuk menambah follower. 

Instagram planner membantu teman-teman untuk merencanakan, dan update Instagram dengan lebih mudah serta tidak khawatir jika teman-teman lupa update pada hari berjalan. 

Ada banyak instagram planner di toko aplikasi. Saran kami, gunakan aplikasi Planoly jika fokus konten teman-teman adalah keindahan design post Instagram. 

Planoly memiliki fitur Grid (kisi-kisi), sehingga kamu dapat melihat hasil akhir susunan design post Instagram kamu sebelum kamu mengunggah post tersebut di Instagram. 

Planoly juga memiliki fitur Instagram Story Template; yang akan memudahkan kamu membuat dan merencanakan Insta Story dengan lebih baik. 

Pilihan tools lainnya adalah Hootsuite. 

Salah satu kelebihan Hootsuite adalah bisa digunakan untuk semua platform media sosial (Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram) termasuk blog. 

Hootsuite akan membantu kamu memperbaharui konten-konten dengan otomatis sesuai dengan tanggal yang telah kamu tentukan. 

Rekomendasi pilihan ketiga adalah Buffer. Planner Instagram yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Buffer juga dilengkapi dengan analitik sehingga kamu dapat mengukur engagement post dengan lebih mudah. 

3. Gunakan tools/ aplikasi edit foto

Menambah Jumlah Follower

Salah satu alasan orang bersedia klik follow akun kamu adalah kualitas gambar atau infografis yang kamu unggah. kamu pun tentu malas jika harus meng-follow akun yang sering mengunggah foto nge-blur (bukan bokeh, lho), buram, atau infografis dengan penggunaan warna yang tidak serasi. 

Untuk mempermudah memoles gambar atau membuat infografis yang ciamik, teman-teman bisa menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO. 

VSCO termasuk aplikasi editing foto yang banyak direkomendasikan oleh para Influencer juga para penggemar fotografi smartphone. Dengan adanya fitur filter warna dan ketajaman gambar, menghasilkan foto berkualitas hanya butuh beberapa sentuhan saja. 

Ingin hasil foto seindah besutan para fotografer keren? Coba gunakan aplikasi Lightroom. Aplikasi editing foto buatan Adobe ini sangat mudah digunakan dan sangat membantu untuk menciptakan foto dengan efek yang dapat mencerminkan brand kamu. 

Selain menggunakan foto yang berkualitas tinggi, kamu juga dapat mempercantik foto atau membuat infografis dengan menggunakan aplikasi seperti Canva, Over atau StoryArt. 

Ketiga aplikasi tersebut menyediakan template yang cocok untuk membuat post di Instagram; baik dalam bentuk infografis, kolase, ataupun sekedar menambahkan elemen guna mempercantik hasil foto. 

Optimasi Instagram untuk menambah jumlah follower

Selain menggunakan tools di atas, kamu juga dapat mengoptimasi akun Instagram kamu untuk mendapatkan tambahan jumlah follower berkualitas.

1. Optimasi profil Instagram

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan pada bagian profil guna menarik lebih banyak follower. 

  • Foto profil

Ada beberapa pendapat yang bisa kamu ikuti terkait dengan penggunaan foto profil di Instagram. Sebagian mengatakan jika sebaiknya menggunakan foto diri, sebagian lagi memilih dengan logo, atau hanya sekedar nama akun dengan atau tanpa latar belakang. 

Mana yang lebih baik? Tentu saja tergantung pada kategori usaha yang kamu lakukan. 

Profil foto diri tentu lebih cocok untuk para influencer, motivator, guru, dan semua profesi yang memang “menjual” kemampuan diri mereka. 

Untuk akun yang mewakili brand, produk, atau jasa, sebaiknya kamu menggunakan logo dari bisnis yang kamu lakukan. 

Bagaimana jika bisnis yang kamu lakukan belum punya logo karena tidak tahu bagaimana membuat logo yang mewakili brand? Tenang, gunakan saja jasa pembuat logo yang menyediakan layanan konsultasi sesuai bisnis. 

Biasanya mereka memiliki penawaran logo hemat lho, untuk UMKM atau pelaku bisnis kecil. Meskipun begitu, jangan lupa tetap hargai usaha mereka dengan harga yang pantas, ya. 

  • Username (nama pengguna)

Gunakan nama pengguna yang memang mencerminkan bisnis yang kamu lakukan; kecuali memang jasa teman-teman adalah influencer, blogger, motivator, atau artis, teman-teman bisa menggunakan nama pribadi untuk username Instagram

  • Konten Bio

kamu dapat mengoptimasi konten “Bio” Instagram untuk menambah jumlah follower dengan menggunakan CTA, hastag, motto, atau slogan yang mencerminkan bisnis yang kamu lakukan. 

Butuh contoh? 

Coba kunjungi akun Instagram Samsung Indonesia untuk contoh bio dengan Call to Action; akun Wardah Cosmetic untuk slogan/ motto, akun ASUS Indonesia untuk CTA sesuatu yang sedang kamu promosikan, dan akun Canva untuk contoh penggunaan hashtag. 

  • Tautan/ link

Bagian ini sudah singgung di atas. kamu dapat meletakkan link landing page, toko e-commerce, situs, Whatsapp, media sosial lain, atau malah gabungan dari semua link. 

  • Highlights

Menyimpan Instagram Story pada highlights juga merupakan salah satu cara menambahkan jumlah follower Instagram. 

Dengan menyimpan Stroy Instagram pada hightlights, follower kamu dapat melihat konten yang kamu bagikan lebih dari 24 jam. Calon follower kamu juga dapat melihat konten story kamu, yang mungkin sesuai dengan minat mereka. 

2. User-Generated Content

Menambah Jumlah Follower

User-Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat oleh penggemar, follower, atau pembeli produk kamu. 

Memanfaatkan konten yang dibuat oleh follower kamu juga membantu menambah jumlah follower kamu di Instagram. Kebanyakan konten buatan follower justru mendapatkan engagement yang lebih baik daripada konten yang kamu buat, lho. 

Cobalah minta follower atau pembeli produk teman-teman untuk menggunakan hastag atau menyebut akun Instagram bisnis teman-teman saat membuat konten review mereka. 

Cara lain untuk mendapatkan UGC adalah dengan mengadakan foto kontes, dan foto terbaik akan di repost di akun bisnis kamu.

3. Buatlah konten video

Konten video masih sangat populer di Instagram. Video membantu follower kamu mengenal kamu lebih dekat, membuat akun bisnis teman-teman lebih terlihat personal. 

Berikut beberapa ide tema video yang cocok untuk akun bisnis

  • Tutorial; seperti artikel, video how-to juga sangat populer dan diminati oleh banyak pengguna Instagram. Tentu saja kamu perlu membuat video yang berkaitan dengan produk, atau jasa kamu. Sesekali ingin mengikuti trend boleh, namun pastikan hal tersebut tidak menyimpang jauh dari bisnis atau brand yang kamu bangun. 
  • Video dibalik layar/ behind the scene; merekam apa yang terjadi dibalik layar bisnis dan usaha kamu tidak hanya bisa menambah jumlah follower, namun juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness
  • Instagram Stories/ Live; fitur instagram yang satu ini, memang sangat membantu para pelaku bisnis dan UMKM untuk berinteraksi langsung dengan para followernya. kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk tanya jawab langsung dengan follower terkait produk/ jasa yang kamu jual, mempromosikan produk terbaru, mengajak bincang ahli yang terkait bisnis kamu dan lain sebagainya. 
  • Cerita keseharian; video dari para influencer terkait produk/ jasa kamu, cerita keseharian karyawan atau malah keseharian kamu sebagai pemilik bisnis, juga bisa menjadi ide untuk konten video

4. Kolaborasi dengan influencers

Menambah Jumlah Follower

Menambah follower dengan menggunakan jasa para influencer, terbukti cukup efektif. Banyak brand besar yang menggunakan jasa mereka. Para pengguna jasa ini juga menyebutkan jika 84% tujuan pemasaran mereka (menambah follower, branding, atau penjualan) tercapai. 

Hal ini juga diakui oleh agensi influencer Allstars, Alex Wijaya, jika banyak brand yang menggunakan jasa influencer untuk brand awareness mereka. 

Untuk mendapatkan influencer yang sesuai dengan produk/ jasa yang kamu tawarkan, cukup ketikkan hastag yang kamu targetkan pada tools pencarian Instagram. Pada bagian eksplore inilah, biasanya kamu akan menemukan beberapa influencer yang terkait dengan produk kamu. 

Ingin lebih menjaring influencer lebih besar? Coba gunakan Buzzsumo, BuzzStream, Scrunch, Awario, atau NinjaOutreach.Untuk menggunakan keempat tools dari keempat situs tersebut kamu perlu mendaftar dan membayar biaya keanggotaan. 

Jika budget promosi tidak sesuai dengan rate influencer, cobalah gunakan jasa mikro influencer untuk menambah follower pada akun Instagram bisnis kamu. 

Menggunakan jasa mikro influencer, sebetulnya lebih menguntungkan bagi pebisnis maupun UMKM. Selain harga jasa mereka lebih murah, biasanya calon follower juga lebih percaya dengan campaign mereka.

Lalu apa saja yang dapat influencer lakukan untuk produk/ jasa kamu? Berikut beberapa ide yang teman-teman dapat coba

  • Mengadakan giveaway; caranya minta influencer untuk membagikan produk yang ktia tawarkan, dan jadikan mengikuti akun bisnis kamu sebagai syarat kepesertaan
  • Beri akses pada influencer untuk menggunakan fitur story pada akun bisnis; sehingga mereka dapat membagikan cerita keseharian bersama produk/ jasa kamu. menjawab pertanyaan follower, mengajak mereka mengikuti akun kamu, dan lain sebagainya

5. Miliki tema Instagram 

Menambah Jumlah Follower

Yang dimaksud dengan tema Instagram adalah tampilan keseluruhan dari akun Instagram kamu. Hanya dengan sekali lihat, orang akan langsung paham, seperti apa gambaran akun bisnis teman-teman. 

Tema Instagram, biasanya terkait dengan warna dan elemen desain lain yang kamu gunakan untuk membangkitkan emosi saat orang melihat kisi-kisi post Instagram kamu. 

Coba kunjungi akun Wardah Indonesia, Allianz Indonesia, atau Indomie untuk mendapat penjelasan terkait hal ini. 

Terkait dengan pertumbuhan follower Instagram, konsistensi dan estetika adalah kuncinya. Jadi, temukan tema apa yang selaras dengan merek dan audiens bisnis yang kamu tawarkan. 

jika sudah mendapatkan, pertahankan tema tersebut. Cara ini akan membantu calon pengikut kamu untuk melihat kualitas konten yang kamu sajikan, dan kemudian memutuskan untuk menjadi follower setia kamu. 

Bonus

Langkah yang terakhir, kemungkinan besar hanya akan ditemui dalam forum atau grup tertutup. Namun, sesungguhnya banyak brand besar juga melakukan hal sama, dengan tujuan untuk menambah follower dan masuk dalam halaman pencarian. 

Cara yang biasa digunakan adalah mengikuti grup tertentu, dimana setiap anggota grup akan saling mengikuti, menyukai postingan, berkomentar, bahkan menyimpan dan membagikan postingan kamu pada fitur story  pada post yang kamu unggah unggah di Instagram. 

Tujuan aktivitas ini salah satunya adalah masuk ke halaman pencarian. Jika post kamu masuk ke halaman pencarian (terlebih jika masuk pencarian populer), maka kesempatan untuk meraih pelanggan dan follower baru akan meningkat. 

Kesimpulan

Memilih langkah-langkah yang memang bisa kamu lakukan untuk menambah follower di Instagram sangatlah penting. Diakui atau tidak, follower Instagram yang banyak, juga akan memperbesar kemungkinan penjualan. 

Jika saat ini budget promosi masih kecil, menggunakan pilihan optimasi profil Instagram bisa menjadi pilihan terbaik. Jika ingin menggunakan tools yang berbayar, sebaiknya gunakan kesempatan free trial terlebih dahulu, dan lihat apakah tools tersebut benar-benar memberikan hasil seperti yang kamu harapkan. 

Selamat mencoba, sampai jumpa pada artikel Marketing Media Sosial selanjutnya. Jangan lupa share tulisan ini, agar teman-teman kamu makin terbantu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *