3 Cara Bikin Postingan di Sosial Media Dengan Berkualitas

Cara Bikin Postingan di Sosial Media

Kalau denger kata jualan online, apa yang terlintas di benakmu?

Sudah menjadi hal umum ditelinga masyrakat ttg sosial media, namun masih sedikit yang mengetahui Cara Bikin Postingan di Sosial Media dengan berkualitas.

Jualan di Facebook, Instagram, buka toko di e-commerce, pasang status di WA, atau bombardir semua kontak dengan penawaran? Auto blokir, dong.

Ya, memang jualan online identik dengan semua hal di atas (kecuali terakhir ya, please, itu jangan dimasukin). Dan sosial media, memang tempat yang paling mudah dan murah untuk jualan online.

Cuma masalahnya, kadang kita bingung, Cara Bikin Postingan di Sosial Media Apakah langsung pasang produk di timeline kita gitu; trus tag semua teman yang potensial?

Ya nggak papa sih, kalau teman kamu nggak keberatan. Kalau keberatan, bisa saja kamu malah di-remove dari daftar pertemanan.

Jadi, kita pakai cara yang lebih elegan aja lah, ya. Biar hasil jualan juga lebih oke, dan teman-teman kita juga nggak eneg sama postingan kita.

Kuy, kepoin, step-nya ….

  1. Tentukan target market
    Menentukan target market itu penting, agar kamu bisa menentukan media sosial yang paling tepat untuk jualan.

    Target pasar kaum remaja, gimana kalau di Tik Tok, Instagram, atau Line?

    Pengennya yang beli ibu-ibu? Nah, Facebook kabarnya tempat paling oke.
  2. Bikin planning konten
    Alias rencana konten. Maksudnya. kamu tuh, mau posting apa di media sosial yang kamu pilih.

    Hmm … ini agak susah dan sedikit nyebelin sih, kalau kita nggak pintar-pintar milih bisa terkesan kaku dan mbosenin.

    Tapi coba mulai dengan pemikiran ini; apa tujuan kamu buat post di media sosial; jualan produk, biar orang kenal dengan merk kamu, atau mengundang orang klik tokomu di e-commerce?

    Kalau sudah, mulai deh, bikin kontennya. Dua puluh rencana post aja dulu nggak papa kok. Ya, biar ada yang dilihat gitu di timeline kamu. Ya, masak suruh orang mampir di media sosial kamu, tapi isi post-nya baru 2-3 biji…. Big No No!

    Punya planning konten itu enak lho, selain konten kamu rapi, bikin follower kamu betah; kamu juga nggak akan roaming lagi pertama musti posting apa, kapan waktu oke beri tawaran diskon, dan lain sebagainya.
  3. Kenali tools pembuat konten
    Eh, iya, jangan asal post foto produk atau jasa kamu. Coba desain post media sosial kamu semenarik mungkin biar follower kamu betah.

    Ada beberapa tools yang bisa kamu pakai, nih, seperti pengolah gambar, contoh Canva, Lightroom, Snapseed, Picsart, dsb

    Editing video, misalnya Kinemaster, Inshoot, VivaVideo, Videoshop dan masih banyak lagi.

    Aplikasi pengolah huruf, seperti Phonto, Picsart, PixelsLab, Text Art. de es be. Aplikasi penjadwalan post, contoh Planoly, Granny, Hootsuite, Post Maker dan lain-lain.

    Masih ada banyak tools yang perlu kamu kenali untuk bikin postingan jualan kece di media sosial. Tapi keempat itu adalah aplikasi dasar yang perlu kamu pelajari.

    Eh, post-nya kok udah panjang banget nih. Ngobrolin jualan di media sosial tuh, emang nggak ada habisnya. Hari ini itu dulu deh, ya, kapan-kapan kita sambung lagi.

    Nah gimana nih.., sudah tau mau akai strategi seperti apa?



Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *