Cara jualan makanan yang laris dan laku setiap hari

Cara Jualan Makanan

Disetiap bisnis tentu ada saja tantangan dan pelajaran yang harus dihadapi, begitu juga dengan bisnis makanan. Agar jualan makanan kamu selalu laris manis, cobalah ikut beberapa panduan berikut ini

1. Kualitas makanan baik

Cara Jualan Makanan

Syarat pertama yang wajib dipenuhi agar jualan kamu laris, adalah kualitas dari makanan tersebut. Tidak hanya tentang rasa, tapi juga cara kamu menyajikan makanan. 

Ibarat gula yang didatangi semut, jika makanan kamu kualitasnya memang oke, maka pengunjung pun akan datang sendiri. 

Tapi bagaimana jika jualan ini adalah jualan pertama kamu, dan belum ada satu orang pun yang tahu dengan kualitas makananmu?

Jawabnya mudah saja, beberapa ide ini mungkin bisa kamu coba

  • Tarik perhatian konsumen dengan promosi, Kamu bisa gunakan tawaran harga promo untuk memperkenalkan bisnis makananmu.
  • Gunakan koneksi, Ajak teman-teman dekatmu untuk berkunjung dan mencoba makananmu, dan minta mereka untuk mengunggah reviewnya di media sosial. 
  • Bekerjasama dengan jasa layanan makanan antar, jika niat awalmu ingin menggabungkan jualan offline dan online, kamu bisa gunakan skema kerja sama dengan jasa layanan pengantar makanan.
    Biasanya mereka memiliki skema untuk promosi atau menjadi penjual yang tokonya akan di highlight di beranda situs atau aplikasi mereka. Tapi jangan lupa, pelajari dahulu skema kerjasamanya, agar bisnismu tidak merugi karena kerjasama ini.
  • Gunakan jasa influencer, Cara yang satu ini tentu perlu modal yang lebih besar. Tapi tenang saja, beberapa influencer juga bersedia memberikan harga “berbeda” kepada para pebisnis pemula. Coba cari influencer di sekitar daerahmu dan tanyakan apakah mereka bersedia memberikan review untuk kedai makananmu

2. Pastikan layanan kamu oke

Cara Jualan Makanan

Selain kualitas dari makanan, cara kamu melayani konsumen atau pembeli juga sangat berpengaruh pada laris dan tidaknya jualan kamu. 

Sebaiknya, tentukan bagaimana kamu kan melayani pelanggan sejak awal, terutama jika kamu tidak bekerja sendirian, tapi dibantu oleh beberapa karyawan. 

Buatlah panduan bagaimana menerima pesanan dan siapa yang menjadi penanggung jawab. Selalu beri perhatian penuh saat pelanggan memesan agar kamu tidak salah pesanan. Jika perlu gunakan catatan, untuk mempermudah kamu mengingat detil pesanan. 

Jangan lupa, 3 S ya, Senyum, Sapa, dan Salam. 

3. Buka bisnismu di dekat target market

Cara Jualan Makanan

Seperti juga syarat jualan laris yang lain, jika ingin jualan makananmu laris, maka bukalah lapak di dekat target kamu berada. 

Kalau target marketmu anak muda, kamu bisa menyasar sekolah, kampus, tempat kos-kosan, atau tempat nongkrong anak muda lainnya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan event-event tertentu untuk membuka lapak jualan makananmu. Misalkan acara car free day, pasar malam, atau event yang diadakan beberapa brand besar (contoh festival Bango Kuliner). Kamu bisa ikuti media sosial atau berlangganan newsletter mereka untuk mendapatkan info event-event yang akan mereka adakan. 

Jika distribusi makananmu adalah online, selain dengan promo, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menarik lebih banyak konsumen melihat makananmu. 

Tarik calon konsumen ke akun media sosial kamu dengan foto yang menarik (tapi pastikan foto dan jualan asli tidak jauh berbeda, ya), hastag yang sesuai dengan jenis makanan kamu, atau menggunakan give away untuk menarik lebih banyak follower baru. 

Untuk trik jualan laris di media sosial, kamu bisa baca artikel “Cara Jualan di Media Sosia” yang ada di blog ini juga. 

Bila bisnismu sudah besar, kamu juga bisa pertimbangkan untuk membuka cabang di kota lain untuk memperluas distribusi jualan makanan kamu. 

4. Daftarkan warung mu di Google Bisnisku

Cara Jualan Makanan

Google bisnis adalah salah satu fasilitas yang diberikan Google guna membantu para pemilik UMKM memperluas jaringan pemasarannya. 

Dengan mendaftarkan jualan makananmu di Google Bisnisku, warungmu akan lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan di sekitar wilayahmu. 

Fitur review yang ada di halaman Google Bisnisku bisa membantumu mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Untuk mendaftarkan warung jualanmu, kamu bisa membuka halaman situs Google Bisnisku atau mengunduh aplikasi Google Bisnisku yang ada di toko aplikasi Play Store. 

Oya, untuk mendaftarkan atau listing warung jualan kamu di Google, kamu memiliki akun Google terlebih dahulu. 

Cara mendaftar atau listingnya mudah kok, cukup ikuti petunjuk yang tertera di layar komputer atau handphone mu. 

Agar kamu bisa ditemukan secara online, jangan lupa untuk meminta verifikasi dari Google Bisnisku di akhir sesi pendaftaran, ya. 

5. Kuatkan branding 

Cara Jualan Makanan

Cara lain gar jualan makanan mu laris setiap hari, adalah dengan memperkuat branding jualan kamu. Bahasa mudahnya membuat nama warungmu dikenal oleh semakin banyak orang.  

Sebetulnya, jika kamu memenuhi syarat nomer satu di tips “cara jualan makanan agar laris” ini kamu sudah bisa berlega hati karena tidak perlu bersusah payah promo kesana kemari agar dagangan mu laris. 

Kita adalah makhluk yang suka berbagi kebahagiaan. Jika mendapat warung atau tempat makan yang enak dan dengan pelayanan yang baik, kita akan cenderung mengabarkannya kepada keluarga, teman, dan masyarakat secara luas (melalui review video di channel atau media sosial pribadi).  Dengan cara ini, otomatis pelanggan pun akan datang sendiri. 

Tapi jika saat ini kamu juga masih merintis agar jualan makanan mu yang enak semakin dikenal oleh banyak orang, kamu bisa mengenalkan warungmu kepada masyarakat luas dengan cara 

  • Promosikan produk dengan cara menyebarkan brosur, pasang iklan, buka website/ toko online, dan aktif di media sosial.
  • Buat kemasan dengan logo dan desain yang menarik. Untuk memangkas harga produksi, coba gunakan promo desain dan cetak logo hemat yang kadang ditawarkan oleh beberapa jasa percetakan.
  • Menjadi sponsor untuk event atau komunitas.
  • Berpartisipasi pada event UMKM. 

Itulah 5 cara jualan makanan agar laris setiap hari. 

Jangan lupa lengkapi kelima tips di atas dengan tetap menjaga kualitas makanan jualan mu. Oya, coba ikuti beberapa cara di bawah ini untuk memastikan kualitas jualan kamu terjaga. 

  • Memastikan bahwa kamu punya supplier bahan baku yang bisa dipercaya
  • Selalu cek dan ricek bahan baku sebelum mulai diolah
  • Jika terbiasa stock bahan baku, jangan lupa beri label tanggal masuk bahan, agar bahan lama bisa digunakan lebih
  • Pastikan makananmu diolah dengan memenuhi standar estetika pengolahan makanan. Misalkan dengan memastikan penanggung jawab masakan menggunakan baju yang tertutup agar tidak ada bagian tubuh yang jatuh pada makanan yang diolah, menjauhkan binatang piaraan dari dapur pengolahan makanan, dan lain sebagainya. 

Selamat mencoba trik diatas, dan semoga jualan makananmu selu laris, ya. Jika ada kesulitan atau pertanyaan terkait cara jualan makanan di atas, silahkan tinggalkan komentar, ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *