Cari ide untuk berbisnis yang cocok untuk Emak-emak millenial? Yuk kita bahas sama-sama

ide bisnis emak - emak

Banyak orang yang bilang, salah satu kelebihan perempuan itu keluwesan mereka mampu beradaptasi di segala situasi. Termasuk ketika kesulitan ekonomi “mengancam” asap dapur, tak segan para perempuan bergerak untuk mencari tambahan penghasilan. 

Apapun motivasi awal berbisnis, sejatinya bisnis memang memiliki banyak manfaat untuk perempuan diantaranya 

  • Mengasah mental
  • Mengoptimalkan kemampuan diri
  • Membantu kesadaran untuk menghargai uang
  • Sebagai sumber tambahan untuk keluarga
  • Membantu perempuan lebih cerdas membuat keputusan keuangan yang tepat
  • Menghindarkan dari kejenuhan
  • Membuka kesempatan untuk berkolaborasi dan bersosialisasi.
  • Memberi kesempatan membuka peluang bagi perempuan lainnya

Begitu banyak alasan yang bermanfaat dan bisa menjadi alasan perempuan berbisnis; tidak hanya sekedar uang tapi juga manfaat sosial lainnya. 

Ide bisnis menguntungkan buat emak-emak 

ide bisnis emak - emak

Sebelum memilih ide bisnis yang tepat, ada baiknya kamu mempersiapkan modal non-material, agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

Beberapa modal non-material yang perlu mompreneur miliki adalah 

1. Mental bisnis

Jualan tuh, nggak sekedar pasang dagangan, update status dan nunggu orderan, lho. Banyak tantangan yang akan temui selama menjalankan bisnis. 

Nggak hanya sekedar saat jualan sulit, omset turun, bahkan konsistensi dan komitmen juga bisa jadi tantangan untuk mompreneur. 

Karena itu persiapkan mental bisnis yang kuat. Oya, PanduanBisnis telah mengulasnya kemarin pada artikel “Kunci Sukses Menjadi Mompreneur

2. Pilih bisnis yang emak banget 

Persiapan kedua adalah memilih bisnis yang tepat.  

Ada beberapa kriteria “bisnis tepat” antara lain: 

  1. Bisnis yang kamu gunakan; kalau sudah biasa pakai emak akan mudah promo-in nya kan.
  2. Bisnis yang kamu nyaman menjualnya, tujuan utamanya agar kamu nggak mati gaya di tengah jalan, nggak kehilangan semangat jualan, dan tentu saja jualannya bisa  dengan hepi.
  3. Bisnis yang sudah ada pasarnya, Nah, ini bisnis yang paling gampang. Tinggal ketahui apa kebutuhan tetangga di sektiar rumah, dan sediakan saja produknya. 
  4. Bisnis yang gampang dijual; produk yang lagi hot atau ngetrend bisanya paling gampang dijual, seperti es MILO, Bubble tea, Corn dog, Popcorn tahu 
  5. Bisnis yang banyak manfaatnya, pernah merasa takjub dengan manfaat sebuah produk sampai timbul keinginan untuk ikut menjualnya? Nah, coba praktekkan.. Semangat jualannya pasti akan beda.

3. Pilih target market 

ide bisnis emak - emak

Bahasa sederhananya, memilih calon pelanggan kamu. 

Contoh jualan gamis, tentu tidak untuk pangsa pasar laki-laki kan? Meski akan ada saja pelanggan laki-laki yang membeli, tapi tentu tidak sebanyak pembeli perempuan. 

Saat menentukan target market tentukan juga usia dari calon pelanggan. 

Memilih target market sama pentingnya dengan memilih bisnis lho, jadi, jagnan sampai salah. 

4. Pilih media dan cara promosi

ide bisnis emak - emak

Banyak mompreneur yang mengeluh punya banyak akun, page, tapi tak terurus. Alasannya paling umum biasanya, kebanyakan aku, sampai bingung bagaimana mengurusnya.  

Solusinya, coba amati penjualan paling banyak dari media mana, dan gunakan media tersebut sebagai pilihan utama. 

Jika ingin mencoba media lain, beri waktu untuk mengamati, 2-3 bulan, dan amati, jika memang tidak menghasilkan [penjualan, lebih gunakan media yang lebih banyak menghasilkan penjualan. 

5. Pilih networking

ide bisnis emak - emak

Agar bisnis laris, bangunlah pertemanan dengan banyak orang, sering ngobrol dengan teman-teman dalam satu lingkaran pertemanan, dan rajin menambah teman. 

6. Pilih waktu produktif bisnis

ide bisnis emak - emak

Dalam bisnis, kamu nggak selalu harus nongkrongin dagangan tiap menit, kok. Bangunlah sistem kerja, agar pekerjaan rumah tangga dan bisnis dapat berjalan beriringan. 

Ide wirausaha jaman now

ide bisnis emak - emak

Salah satu tips mencari usaha apa yang ingin digeluti, adalah mengamati hobi dan bagaimana mengubahnya menjadi uang. 

Apalagi bagi perempuan, potensi ide bisnis ini tentu banyak sekali. Dari apa saja yang dikerjakan sehari-hari, bisa jadi ide untuk bisnis. 

Hobi masak bisa jadi katering, hobi crafting bisa jadi seni hias mahar, hobi menggambar bisa jadi kursus menggambar, bahkan hobi belanja bisa jadi bisnis jastip. 

Masih butuh ide lain, 7 ide wirausaha jaman now ini, mungkin membantu 

1. Indekost

Punya beberapa kamar atau rumah nganggur? Bagaimana kalau diubah saja menjadi jasa tempat singgah atau kos-kosan. 

Jasa penyewaan tempat tinggal biasanya laris di daerah dekat kampus, sekolah, perkantoran, atau daerah padat penduduk lainnya. 

kamu bisa memanfaatkan jasa vendor atau start up yang saat ini menawarkan jasa hubung orang yang mencari tempat tinggal sementara, dan pemilik rumah/ kos-kosan. 

2. Jahit baju custom 

Suka berkreasi dengan baju buatan sendiri? Mengapa tidak mencoba menawarkan keahlian tersebut pada lingkup yang lebih luas. 

3. Toko kelontong 

Menjual produk yang dibutuhkan lingkungan kamu sehari-hari juga bisa menjadi alternatif bisnis. kamu bisa memilih ide menjual makanan kering (roti, kue, snack), sembako, bahkan frozen food. 

Hanya saja, bisnis ini biasanya banyak saingannya. Jadi, cobalah lebih kreatif dalam menawarkan barang. Misalkan dengan memberikan penawaran pembelian paket, layanan antar, dan lain sebagainya. 

4. Bimbel

Jenis bisnis ini bisa jadi pilihan bila jika kamu memang memiliki lahan yang tak terpakai sebagai ruang kelas. Cara lainnya, dengan memberikan layanan bimbingan ke rumah siswa. 

Di masa pandemi, saat kebanyakan anak-anak harus belajar dari rumah, ide ini sepertinya bisa dijadikan alternatif untuk bisnis jasa pendidikan. 

5. Warung makanan

Usaha warung makan saat ini juga bisa dimulai dari dapur di rumah, lho, Ma. 

Maraknya layanan pesan antar makanan, telah membuat banyak ibu kreatif menambah penghasilan dari rumah, dan tentu kamu juga bisa mengikuti jejak mereka. 

kamu bisa menggunakan layanan percakapan seperti WhatsApp untuk menawarkan makanan, dan cukup memasak sesuai jumlah yang pesan 

6. Jual Voucher/ pulsa 

Saat ini, voucher tidak hanya tentang pulsa telepon, tapi ada juga token untuk listrik. Jadi, meski sudah banyak yang membuka konter pulsa, kesempatan untuk berkembang pun masih lebih luas. 

7. Produsen jilbab

Ide yang satu ini, cocok untuk ide bisnis wanita muslimah masa kini. Banyaknya kreasi jilbab, dan pangsa pasar yang terus berkembang, membuat ide usaha ini cocok dijalankan oleh siapa saja. 

Menjadi produsen jilbab, tidak harus punya karyawan menjahit lho, Ma. 

kamu bisa memilih menjual produk maklon dari produsen besar, dan diberi label sendiri. 

Atau jika memang kamu punya banyak ide, namun terkendala sumber daya, kamu bisa mencoba menyerahkan pengerjaan bisnis jilbab ini pada penjahit langganan

Demikian rekomendasi 7 kategori bisnis yang cocok dan bisa menjadi alternatif bagi Mompreneur untuk segera mencari ide bisnis yang tepat. Jadi gimana, kamu mau menjalani bisnis yang mana nih?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *