Facebook vs Instagram, mana yang terbaik untuk bisnis online?

Facebook Instagram

Pertanyaan di atas memang sering bikin baper. Di luar sana orang bilang, “Oh, sekarang nggak ada lagi tuh, yang mau pakai Facebook”, “Facebook isinya cuma emak, bapak, sama grup keluarga. Nggak laku deh, jualan di Facebook.”

Jujur saja, kedua platform itu memang berkembang pesat sejak pertama ditemukan. Dan banyaknya pengguna kedua platform tersebut di Instagram, tentu sangat menggoda juga mencoba peruntungan di kedua platform tersebut. 

Tapi bener nggak ya, kalau strategi ini juga efektif? Bagaimanapun juga, butuh biaya dan tenaga kan? 

Aduh, gimana dong, kok makin pusing ya? 

Nah, kalau gitu baca saja dulu artikel ini sampai habis, ya. 

Facebook Vs Instagram, mana yang lebih baik? 

Facebook Instagram

Oke, sebelum memutuskan, yuk, kita cek satu persatu parameter yang bisa kita jadikan ukuran, platform mana yang terbaik untuk bisnis kita. 

Facebook vs Instagram, diukur dari jumlah pengguna.

Kalau melihat dari jumlah pengguna Facebook dan Instagram di indonesia, kita tentu tahu keduanya memiliki jumlah yang sangat besar. 

Sebagai platform yang lebih dahulu diluncurkan, Facebook tentu memiliki pengguna yang lebih besar dibandingkan Instagram. Tapi, pertumbuhan pengguna Instagram juga tidak bisa diabaikan. 

Dan melihat potensi ini, banyak brand besar yang kemudian menggunakan kedua platform tersebut untuk membangun brand-nya. 

Dengan lebih dari 2.7 miliar pengguna aktif setiap bulannya, Facebook memang lebih berpotensi dibandingkan Instagram. Bahkan sampai saat ini jumlah pengguna bulanan Facebook belum bisa dikalahkan oleh platform media sosial manapun. 

Tapi tidak berarti Instagram juga kalah dibandingkan Facebook. Jumlah pengguna Instagram setiap bulannya juga lebih dari 1 miliar. Bandingkan dengan tahun 2012 yang hanya memiliki 30 juta pengguna. 

Demografi Pengguna

Facebook Instagram

Demografi pengguna merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan platform media sosial mana yang cocok untuk membangun brand dan jualan. 

Sproutsocial (situs milik Neil Patel) menggambarkan dengan demografi pengguna Facebook dan Instagram.

Dan seperti yang sudah sering kita dengar, jika kita membandingkan usia, Facebook memang lebih pada generasi tua. Sementara Instagram pada generasi antara 13-17 tahun. 

 Engagement 

Dalam hal engagement, Instagram memiliki engagement yang lebih baik dibandingkan dengan Facebook. 

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Forrester, brand mendapatkan engagement 10x lebih baik dibandingkan Facebook.

Rata-rata, hampir 95  juta foto diunggah ke Instagram setiap harinya. Dan ada 4.2 miliar postingan yang disukai pengguna setiap harinya.     

Jika kita membandingkan kemampuan visual dari kedua olatform tersebut, foto yang kita unggah di Instagram, rata-rata memiliki engagement lebih baik sebanyak 23% dibandingkan jika diunggah di Facebook.

 Postingan video malah mendapat engagement yang lebih baik. Video yang diunggah di instagram, memperoleh engagement 38% dibandingkan foto. 

Sekarang mari kita kulik Instagram Stories. 

Dari hari ke hari Instagram stories semakin populer saja. Beberapa fakta tentang Instagram stories di bawah ini mungkin akan membuat kamu semakin menyukai paltform Instagram. 

  1. Instagram stories digunakan oleh 500 juta pengguna setiap harinya
  2. 60% pengguna milenial posting atau menonton Instagram stories
  3. Instagram stories digunakan oleh 36% pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya
  4. 50% pelaku bisnis umumnya membuat Instagram stories yang berkaitan dengan event tertentu setiap bulannya

Dari beberapa fakta di atas kita bisa tahu jika Instagram stories termasuk tools yang penting dalam membangun brand bisnis.

Banyak pengguna yang menghabiskan 20 menit setiap hari di platform ini. Live stream adalah konten paling banyak ditonton di Facebook. 

Live stream terbukti 4 kali lebih banyak untuk ditonton dibandingkan video rekaman atau foto.  

Menurut survei yang dilakukan oleh databox, media sosial mana yang menghasilkan engagement terbaik, 65,4% marketer menyebutkan Instagram memiliki engagement yang paling baik. 

Facebook Vs Instagram, mana yang lebih cocok untuk strategi kampanye brand bisnis?

Facebook Instagram

Ada banyak pendapat terkait hal ini. Seperti yang disampaikan oleh Jeff Dundas dari Talk Central, “Dari sisi membangun brand secara organic, baik Facebook maupun Instagram, memiliki peran penting masing-masing. Di Instagram, engagement post kami lebih baik, kami pun mendapat tambahan lebih banyak follower. Namun di Facebook, konten kami lebih banyak dibagikan. Pengguna juga lebih banyak mengirimkan pesan kepada kami.”

Dari contoh di atas, kita dapat pelajari baik Facebook ataupun Instagram memiliki kelebihan dan kekurangan; termasuk,- tentu saja,- hasil yang berbeda untuk setiap brand. 

Bagi beberapa brand mereka memperoleh hasil yang memuaskan di instagram, sementara yang lain mendapatkan hasil yang sangat baik dari Facebook. 

Hal yang paling penting untuk dipahami adalah, kedua platform tersebut memberikan pengalaman yang berbeda kepada para penggunanya. Jadi, sebetulnya tidaklah tepat untuk membandingkan kedua platform tersebut. 

Akan lebih baik jika kita menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhan kita untuk mendapatkan hasil yang kita harapkan. 

Dan berikut ini ringkasan yang bisa kamu jadikan pertimbangan, platform mana yang sesuai dengan kebutuhan kemu:

  • Facebook menghasilkan lebih baik jika terkait konversi, Sekali lagi ini bisa berlaku berbeda untuk setiap kategori bisnis. Tapi kemudahan berbelanja, fitur belanja yang langsung ada pada halaman Facebook juga memudahkan terjadinya konversi untuk beberapa bisnis. 
  • Facebook membantu menemukan audien yang sesuai dengan kualifikasi kita, Fitur facebook yang mengizinkan penggunanya berbagi link situs yang akan menentukan konversi (penjualan) tentu memudahkan bisnis memperoleh lebih banyak penjualan. Dan terkait dengan demografi Facebook yang digunakan oleh banyak pengguna dewasa, kemungkinan penjualan akan lebih besar, karena kelompok ini lebih bebas membuat keputusan membeli.
      
  • Membuat link building lebih mudah di Facebook, Bagi Blogger, atau brand yang menggantungkan penjualannya dari trafik, Facebook tentu pilihan terbaik. Instagram memang bisa dijadikan sarana berbagi link, tapi hanya untuk pengguna yang telah memiliki follower di atas 10 ribu. 
  • Facebook lebih baik jika target market kita adalah konsumen lokal, Jika target market kita adalah masyarakat lokal, maka kombinasi dari Facebook ads dan post organik akan sangat cocok.
  • Membangun komunitas dengan audiens lebih mudah dilakukan di Facebook, fitur Facebook grup adalah fitur terbaik dari Facebook yang mungkin tidak kita temui di media sosial lain. Jadi jika kamu ingin membangun keterikatan yang lebih emosional dengan audiens, tentu Facebook adalah platform yang terbaik.
     
  • Instagram lebih baik, jika bisnis kita terkait dengan visual, Kita semua tahu, jika Instagram adalah rajanya visual. Karena itu jika bisnismu adalah bisnis visual, jangan ragu menggunakan Instagram sebagai platform terbaikmu. 
  • Instagram memberikan level engagement yang lebih baik, Adanya fitur hashtag, dan bantuan fitur komen dan likes yang diperhitungkan pada algoritmanya, membuat Instagram akan memberikan engagement yagn baik pada brand. Memudahkan untuk membuat brand awareness pada bisnis kamu. Masih ditambah adanya fitur IGTV dan Instagram Stories, interaksi bisnis kita dengan audiens tentu lebih mudah untuk dilakukan.
  • Pencarian organik lebih baik di instagram, Penggunaan hashtag di Instagram, tidak diragukan lagi lebih kuat daripada hashtag Facebook, plus adanya fitur tag lokasi pada postingan kita, dan fitur stories, – semua adalah kombinasi oke untuk meningkatkan jangkauan organik. Instagram sebetulnya juga “mesin pencari”, dan banyak pengguna mencari produk dan tip dengan menggunakan fitur tagar dari platform ini. 
  • Lebih mudah terhubung dengan audien di instagram, Instagram memungkinkan kamu terhubung dengan pengikut pada level sebagai pribadi, aka. teman. Inilah yang menjadi alasan, mengapa banyak brand kadang membuat postingan lucu (blooper), mengajak follower untuk ikut serta dalam aktivitas media sosial mereka, melakukan sesi FAQ dan AMA, dan lain sebagainya.
  • Instagram cocok untuk bisnis dengan target market anak muda. 

Kesimpulan Facebook Vs Instagram

Facebook Instagram

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan Facebook dan Instagram, kami yakin, kamu sekarang punya gambaran yang tepat platform mana yang cocok untuk brand bisnismu. 

Dan kalau boleh menyimpulkan, menggunakan kedua platform diatas, selama memang sesuai dengan tujuan bisnismu, juga tidak masalah. 

Seperti yang disebutkan Lee W. Johnson dari Old Bull Lee, “Media sosial bukanlah tujuan. Platform ini hanyalah lead untuk  menghasilkan konversi, membuat brand awareness, dan juga titik untuk mengarahkan orang ke situs kita melalui tools “cookies” yang disimpan oleh browser pengguna.”

Jadi, pilihlah dengan tepat. Dan akan selalu ada kesempatan mendapatkan hasil lebih baik dengan menggunakan kedua platform tersebut.   

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *