Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Minim

ide bisnis rumahan

Jika mau jeli, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. 

Memulai usaha jaman now, tidak perlu harus dengan modal besar, gunakan saja kemampuan yang kita miliki saat ini. 

Dan kalau kamu adalah kamu rumah tangga yang saat ini sedang mencari alternatif pekerjaan atau malah bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah, rekomendasi bisnis menguntungkan buat emak ini bisa jadi pilihan. 

 Ide bisnis dengan modal kecil

1. Penulis Freelance atau Penulis Lepas

ide bisnis rumahan

Jika bicara tentang pekerjaan freelance kebanyakan orang akan berpikir tentang seorang penulis online hal ini tidak salah karena memang jasa ini banyak dkamutuhkan, dan banyak juga yang menawarkan jasa dalam kategori bisnis ini. 

Kalau kamu punya minat dalam bidang tulis-menulis, maka menjadi penulis lepas bisa menjadi alternatif untuk mulai berbisnis dari rumah. 

Ada 3 cara untuk memulai bisnis kepenulisan, yaitu:

  • Bergabung di agensi kepenulisan 
  • Tawarkan jasa menulis ke media media online yang memberikan timbal balik berupa uang kepada para kontributor. Jalantikus, Babe, Brilio biasanya menawarkan timbal balik uang kepada para kontributor
  • Bangun brand kamu sendiri sebagai seorang penulis freelance. Cara ini mungkin agak lebih sulit dan membutuhkan waktu, tapi bisa cocok buat kamu yang menyukai kebebasan dalam berkarya. Gunakan situs atau media sosial untuk menawarkan jasa mu. Jangan lupa bangun jejaring agar kesempatan kamu mendapatkan job lebih terbuka lebar. 

Oya, jangan lupa lengkapi pengetahuan kamu dengan ilmu dasar SEO, copywriting, atau pun script writing, karena ketiga keterampilan tersebut sering dibutuhkan dalam dunia kepenulisan online. 

2. Blogger

ide bisnis rumahan

Beberapa tahun lalu, profesi ini cukup booming dikalangan ibu rumah tangga. 

Cara memulai usaha yang sangat mudah (hanya tinggal membuat blog baru dan mengisinya dengan tulisan), plus modal yang dibutuhkan juga relatif kecil (cukup koneksi data, komputer/ hp) menjadikan profesi ini sangat diminati oleh para kamu rumah tangga. 

Profesi ini juga memberikan keleluasan waktu untuk kamu, karena itu blogging sering disebut sebagai ide wirausaha jaman now. 

Ada 5 cara untuk dapat menghasilkan uang dari blog yaitu:

  • Penayangan iklan, baik dari adSense ataupun banner
  • Post bersponsor
  • Penempatan tautan situs dari klien
  • Afiliasi
  • Review produk atau jasa

Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum blog yang kamu buat bisa menghasilkan rupiah; baik syarat statistik, ataupun jumlah pengunjung. 

Karena itu jika kamu membuka bisnis dengan mengharapkan hasil yang cepat, blog sangat tidak disarankan. 

Membangun blog juga mewajibkan pelakunya bersedia belajar hal-hal baru seperti fotografi, cara mendatangkan pengunjung, menulis sesuai kaidah bahasa, story telling dan masih banyak lagi. 

Jadi, siapkan diri dan tenaga, jika berniat mendapatkan peluang dari usaha blogging. 

3. Proofreading

ide bisnis rumahan

Apakah kamu orang yang menyukai detail dan menguasai tata cara atau kaidah dalam bahasa? Maka jenis usaha ini cocok untuk kamu lakukan dari rumah.

Investasi untuk bisnis ini sebetulnya sangat kecil, apalagi jika kamu telah menguasai kaidah penggunaan bahasa tertentu. 

Namun jika ingin mendapatkan segera mendapatkan klien pertama dari jasa proofreading, kamu perlu memiliki sertifikat atau contoh portofolio yang dapat digunakan untuk mengajukan penawaran kepada klien

4. Bisnis kerajinan

ide bisnis rumahan

Kamu suka menghasilkan karya kreatif dari rumah; seperti keranjang unik, rajutan, membuat souvenir, atau malah item untuk dekorasi rumah? Ide bisnis kerajinan bisa menjadi pilihan

Kamu dapat menjual hasil kerajinan melalui e-commerce ataupun menjualnya melalui platform media sosial. Bahkan dengan adanya kemudahan akses internet saat ini, kamu pun bisa menjual souvenir atau hasil kerajinan sendiri ke luar negeri, misalkan via shopify atau etsy. 

5. Konsultan

ide bisnis rumahan

Suka membantu orang lain memecahkan masalahnya? Kategori bisnis konsultasi akan cocok untuk kamu. 

Ada banyak pilihan jenis bisnis konsultasi, mulai dari konsultasi bisnis, pemasaran digital, kuliner, konsultasi pendidikan, bahkan konsultan training atau pembelajaran.  

Tentu saja setiap kategori konsultan membutuhkan persyaratan tertentu. Tapi persyaratan umum yang perlu kamu miliki adalah pengalaman mumpuni terhadap bidang konsultasi yang kamu tawarkan, komunikasi, dan mampu membaca data survei dengan baik.  

Langkah awal untuk membangun bisnis ini biasanya dimulai dari membangun situs, jaringan atau network guna menemukan mereka yang membutuhkan jasa mu. 

6. Asisten virtual (VA)

ide bisnis rumahan

Asisten virtual adalah pekerjaan jarak jauh yang menawarkan jasa membantu klien menyelesaikan tugas sehari-hari.  Misalnya menjadwalkan janji ketemu, mengelola media sosial, menjawab pertanyaan pelanggan, mengelola surel, memproduksi konten, merancang grafik dan lain sebagainya. 

Jika kamu adalah tipe orang yang terorganisir dan sangat baik terhadap detail maka bisnis virtual asisten cocok untuk kamu kerjakan dari rumah

7. Bimbingan belajar

ide bisnis rumahan

Banyak paham pelajaran sekolah, suka anak-anak, senang membantu orang lain mengatasi kesulitan belajar? Jangan disia-siakan potensi ini. Bukalah bisnis bimbingan belajar. 

Apalagi dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh saat ini, sementara tidak semua orang tua mampu mendampingi belajar anaknya; ide bimbingan belajar bisa jadi ide yang menguntungkan. 

Ada dua cara untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai dengan memberikan layanan di lingkungan rumah, atau bergabung di agensi penyalur tenaga guru les. 

Kedua-duanya sama menguntungkan, tapi dengan bergabung dengan agensi kamu tidak repot membuat kurikulum atau menyiapkan buku pendamping pembelajaran anak.  

Memulai bisnis bimbingan belajar ini sangat mudah, cukup gunakan ilmu yang sudah kamu kuasai selama ini. Tapi alangkah baiknya jika kamu juga meng-update informasi tentang pelajaran sekolah saat ini agar siswa-siswi yang ikut bimbingan belajar mu menjadi puas. 

8. Bisnis kuliner

ide bisnis rumahan

Selama pandemi ini banyak sekali bisnis-bisnis baru bermunculan. Salah satunya adalah bisnis kuliner. 

Kalau kamu memang suka memasak dan pandai membuat kue mengapa tidak mencoba untuk mengubahnya menjadi bisnis dari rumah? 

Kamu bisa memasarkan hasil masakanmu melalui media sosial, menitipkan di beberapa warung atau lapak sekitar rumah, dan menggunakan jasa layanan antar makanan. 

Namun sebelum memulai, sempurnakan dulu resepmu, buat desain foto yang cantik dan bagikan di media sosial untuk mendapat tanggapan awal dari teman-teman. 

Oya, bisnis ini mungkin membutuhkan modal yang agak besar untuk peralatan, oven, bahan bakar, dan pengemasan. 

Saran PanduanBisnis, gunakan saja dulu apa yang ada di rumah, dan tambah peralatan seiring bisnismu membesar. 

9. Graphic design

ide bisnis rumahan

Suka dengan gambar dan punya ide-ide cemerlang terkait iklan yang sering kamu lihat? Bagaimana jika mencoba bisnis desain grafis saja. 

Profesi desain grafis sebenarnya tidak hanya terbatas pada iklan lho, kadang juga bisa masuk ke profesi penata layout buku, membuat gambar ilustrasi buku, komik, bahkan infografis media sosial. 

Desain grafis ini bisa jadi ide usaha untuk remaja wanita yang suka menggambar. 

10. Bookkeeper atau public accountant

ide bisnis rumahan

Kalau kamu jago akuntansi, jangan diabaikan ilmu yang kamu miliki. 

Saat ini masih jarang lho, pelaku bisnis yang paham bagaimana membuat neraca keuangan. Kamu bisa menawarkan jasa untuk 

  • Melakukan sistem pengarsipan dan menggunakan software akuntansi
  • Penerbitan laporan keuangan
  • Membuat neraca keuangan
  • Proses penggajian

Banyak sekali bukan ide peluang usaha dari rumah yang bisa kamu lakukan? 

Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan dan potensi kamu. 

Oya, ada dua syarat utama agar kamu bisa sukses berbisnis dari rumah; yaitu punya  manajemen waktu dan manajemen keuangan. Tanpa kedua hal tersebut, keseluruhan ide di atas bisa berantakan, dan tidak akan menghasilkan rupiah seperti yang kamu harapkan. 

Jadi, poles terus pengetahuan dan potensi kamu, dan lengkapi dengan latihan manajemen waktu dan keuangan. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *