LIBURAN TAPI JUGA ADA PENGHASILAN? INI CARANYA

Apa kabar teman-teman hari ini, sudah cukup istirahatnya?
Atau masih terus berkutat dengan kejar target, closingan dan pekerjaan?

Kalau boleh saya ingatkan, cobalah ambil rehat sejenak. Bagaimanapun, tubuh dan pikiran kita punya hak untuk dijaga kesehatannya. Ya intinya tetep perlu liburan hehe

Ngomong-ngomong tentang menjaga Kesehatan, sudah tahukah bahwa kemarin adalah hari “Mental Health Awareness”?
(Kalau belum, coba ditandai kalendernya, lumayan bisa buat ide konten di tahun depan )

Pasti sadar kan ya, kalau jadi pelaku bisnis (entah sebagai owner atau reseller, leader) potensi stress itu besar banget. Bisa karena jam kerja yang panjang, fokus target, kawatir cashflow, dan masih banyak lagi.

Padahal kalau sudah seperti ini, jadi berpotensi gampang marah, sulit fokus, merasa jadi orang paling susah sedunia, bolak-balik pengen merokok, kehilangan nafsu makan, atau malah makan berlebihan.

Tandanya biasa saja, ya? Tapi sayangnya, tapi bisa jadi bencana.Jadi, yuk, mulai sekarang coba amati, dimana grafik pelanggan kelihatan lebih sepi dan gunakan waktu tersebut untuk istirahat.

Hal lain yang perlu kita lakukan untuk menjaga kondisi Kesehatan mental kita adalah
  1. Tetapkan waktu kapan mulai dan berhenti kerja. Jangan lupa, infokan hal ini pada pembeli, kapan jam buka tutup toko, kapan slow-res dan fast-respon

2. Mulai bangun tim. Atau kalau belum bisa buat tim kerja, delegasikan sebagian pekerjaan pada orang lain. Bisa dengan outsource alias sewa freelancer

3. Biasakan berolahraga. Aliran darah yang sehat akan membantu otak kita bekerja lebih baik dan fresh.

4. Belajar fokus alias mindfulness. Memikirkan beberapa pekerjaan dalam satu waktu itu berpotensi stress. Coba deh kalau ga percaya.

5. Mulai praktekan relaksasi. Bisa dengan hening, berdzikir, belajar mengatur napas, dan hal lain yang membuat tubuh serta pikiran kita tenang.

6. Sekedar ingin mengingatkan teman-teman agar jangan sampai terlalu keras bekerja. Kesehatan, baik fisik dan mental tetap yang utama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *