Optimasi Instgram Marketing

Optimasi Instagram Marketing

Ada 7 Point Cara Optimasi Instagram Marketing Untuk Menarik Lebih Banyak Follower.

Salah satu channel penjualan marketing paling besar saat ini adalah Instagram. 

Tau nggak sejak 4 Tahun terakhir platform yang satu ini sudah mulai ramai para pembisnis lokal dengan berbagai macam Lvnya.

Jadi kenapa Instagram wajib kita gunakan untuk channel pemasaran adalah karena target market sebenarnya banyak di sini, selain itu Instagram adalah salah satu social media terbesar penggunanya setelah Facebook.

Alasannya apa?

Ya tentu saja karena tingkat interaksi yang tinggi, selain itu mudah untuk sarana branding. Alasannya udah jelas ya.. 

Nah tapi setelah kita tau alasannya, apa yang harus dilakukan selanjutnya?Apakah cuma setting akun, mulai posting bahan yang sudah siapkan teman – teman, terus ditinggal gitu aja? 

Kita harus mengoptimasi akun Instagram kita. Biar apa? 
Biar gampang ditemukan pengunjung dapat follower dapat calon pembeli setelah baca bio & produk kita

Terus Closing Deh.

Bongkar Cara Optimasi Instagram Marketing Biar Maksimal

Nah, gimana ya caranya biar semua itu bisa didapat secara bersamaan??

Kalau harus hari itu juga kurang tepat ya, karena sekarang keamanan Instagram sangatlah ketat jadi yang kita lakukan adalah?

Pertama sebagai strateginya kita bisa mencapai secara bertahap anggap saja seperti merawat bunga atau pelihara kucing, rawat dengan tulus dan konsisten.

Coba kita bongkar cara optimasi akun Instagram biar maksimal jualannya :

  • Gunakan Akun Bisnis 
  • Optimasikan Bio
  • Gunakan Konten Visual Yang Menarik
  • Maksimalkan caption  
  • Gunakan Hashtag Seperlunya
  • Posting di jam-jam prime time
  • Manfaatkan fitur instastory dan gunakan highlight story untuk memaksimalkan bio 

Kalau pemain lama instagram, apalagi yang sudah belajar instagram marketing point ini udah menjadi dasar banget.

Tapi, kalau bisa diamati secara teliti lagi ternyata instagram juga ada SEOnya, apasih SEO maaf kalau agak berat bahasannya SEO.

Search Egine Optimization walah walah apa itu?

nah ini ngomongin metode untuk meningkatkan promosi akun kita ya, jadi ada 2 metode yaitu metode organik & Ads, SEO ini termasuk yang organik.

metode apa aja yang bisa kita lakukan di instagram dengan SEO ini istilahnya harus gimana supaya akun kita meningkat trafficnya dan bisa dikunjungi banyak visitor yang berlalu lalang di beranda kita??

Baik coba saya lampirkan pointnya

Cara yang Dilakukan Untuk Optimasi Instagram Marketing Dengan Metode SEO Organik??

1. Komen sesuai target market & influencer

Pastinya komen ini juga harus diperhatikan juga ya, untuk target yang dibidik bisa lakukan riset dulu tentang profil akunya terlebih dahulu, dan apa isi konten postingnnya jadi usahakan lakukan se.. sopan mungkin takut dianggap spam terus kena report deh sama pemilik akunnya kan sayang banget coba dengan pendekatan secara internal sama followersnya terlebih dahulu.

– Ikut berinteraksi dikolom komen 

– Komen sesuai topik postingan akunnya misal sedih ya komen juga sedih senang ya komen aja juga ikut senang pokoknya sesuaikan aja anggap kita sebagai netizen yang budiman.

Nah baru kalau mau masukin promosi, silahkan improvisasi
se.. kreatif mungkin

Contoh yaa

Optimasi Instagram Marketing

Dipostingan akun influencer ini baru bahas soal tren style sneaker di eropa, ceritanya baru update tentang hypenya sepatu itu

Nah bisa lihat ya pada kolom komen sedikit banget yang masukin promosi atau nimbrungin dagangan disana, biasanya tipe influencer yang seperti ini kita harus hati – hati juga ya soalnya kalau kita langsung promosi atau nawarin produk disitu akan kelihatan mencolok banget.

Beberapa komen juga banyak yang bahas tentang isi konten postingan itu, jadi sebisa mungkin kalau dapet influencer yang seperti ini caranya, nimbrung dulu aja seolah olah juga ikut dan tau tetang isi postingannya.

Baru jika ada momen yang tepat bisa sisipin marketing kita misal “wih.. desain boxnya keren minimalis & modern emg nggak ada obat sih AJ desain boxnya sm style sepokatnyaa ohiya ngomongin desain buat yang butuh bisa mampir ke akun dan klik link di bio ya baru ada promo lohh yukk yukk.”

(Di Atas Contoh yaa..) nggak harus tentang itu hehe teman – teman bisa bidik influencer lain kok/artis yang sesuai target & bidang pasar sama

2.Following & Unfollow

Untuk yang ini krusial banget ya mungkin kalau udah ada yang melakukan tentang basic ”Optimasi Instagram Marketing“, ini dari kebanyakan orang yang kena teguran dari instagram.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa yaa kita kena pembatasan dan teguran dari instagramnya bahkan ada juga yang ke banned akunnya.

Faktor pertama

Yaitu masa aktif akun bisa dibilang umur akunnya yaa, udah berapa lama sih akun kamu aktif di instagram dan udah melakukan apa aja sih di instagram, aktifitas apa juga yang sering dilakukan di Optimasi Instagram Marketing?? 

Pasti robot didalam instagram akan mengkoreksi setiap akun yang login setiap harinya dan mengkoreksi data aktifitas yang dilakukan akun itu, mungkin sebagian besar dari teman – teman  udah punya yaa akun pribadi ntah untuk hiburan, menyimpan foto kenangan, update social lifenya, atau juga jualan di instagram

Sebagai pointnya instagram juga menilai dari segi umur akun jadi kalau teman – teman mendapatkan teguran atau banned bisa jadi akun teman – teman masih dibilang bocil ya ibarat aja yaa mungkin robot di instagram mikirnya, “Lah ini bocil kok tinggi banget aktivitas tebar pesonannya” ibaratnya gitu loo mungkin hehe

Bisa simpulkan ya jika akun baru alangkah baiknya kita bisa beroptimasi secara elegan dengan cara membuat jadwal/list harian aja untuk kegiatan following nya lakukan sebijak mungkin yaa jangan asal follow juga, usahakan bidik juga targetnya.

Faktor kedua

Optimasi Instagram Marketing

Log aktivitas followers yaa jadi gimana sih impression bagi pengunjung yang udah kita arahkan untuk mampir ke lapak kita, yang akunnya udah di setting bisnis bisa cek di “Insight” fitur ini berfungsi banget untuk melihat data visitor & seluruh aktivitas kita di instagram.

Nah dari situ mungkin bisa cek apakah seluruh aktivitas yang dilakukan ada feedbacknya apa nggak diluar kita sudah promosi disatu tempat terus ada beberapa visitor yang kepoin akun kita.

ini ada contoh aktivitasnya ya

Disini kita bisa lihat engagement dari akun kita dan luas jangkauan yang dihasilkan

3. Menata feed ig dengan rapi

Menata feed dengan rapi bertujuan untuk menambah ketertarikan pelanggan saat berkunjung ke profil kita, menambah nilai profesional. Apa lagi kita mauu dagang, istilahnya toko kita harus rapi + bersih juga kan yaa kalik feed berantakan.

Untuk menata feed ini teman – teman bisa bereksperimen sihh dengan menggunakan beberapa tools/aplikasi kalau mimin biasanya pakai UNUM.

Disini temen bisa test dulu tatanan feednya istilahnya simulasi dulu

kalau bingung mau ditata seperti apa, bisa banget liat tata letak feed dari akun soca official yaa amati aja dari situ atau punya referensi dari akun lain juga boleh pokoknya se-kreatifnya.

ohiya mimin mau sedikit kasih contoh tata feed yang nggak rapih

Nah ini sebagai referensi juga kalau konsumen juga kurang tertarik mengunjungi lapak yang kurang rapi hehe, apa lagi kita mau jualan alangkah baiknya mengkonsep tata feed di profilnya yaaa

Gimana nihh apa sudah sesuai feednya hehe, tapi simple sih kalau yang ini kayak nata puzzle aja tapi juga jangan disepelekan soalnya ibarat penampilan deh soalnya pengunjung tuu tertarik banget sama feed yang rapi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *