PENTING NGGAK SIH KITA MEREKRUT PEGAWAI?

Penting nggak merekrut pegawai

Apakah perlu sebagai pebisnis untuk merekrut pegawai, dan bagaimana ya.. caranya kita mengatur sistem kerja untuk membantu meningkatkan bisnis kita?

Sebuah “esensi” dari bisnis itu bukan hanya sekedar menjual barang/jasa yg kita punya loh.., tp lebih dari itu semua utamanya kita bisa memberikan pelayanan terbaik dan hal yg bermanfaat buat konsumen ya

Buat Temen2 yg sudah memulai bisnisnya, berarti tinggal membuat sistem bisnis agar mudah mengatur alur untuk bisnis yang kamu jalankan, ini penting loh.. Karena Temen2 perlu sistem ini ya Hehe.. Termasuk mendelegasikan pekerjaan ke orang lain atau kata lainnya merekrut pegawai.

Kita butuh loh, karena dapat meringankan proses jalannya bisnis kita terutama buat yang memiliki bisnis yg produksinya dengan skala besar.

Yang ragu untuk merekrut pegawai Wajib Tahu!

Banyak dari Temen2 yg mungkin sudah mulai merintis bisnis online tp masih ragu2, maju mundur untuk merekrut pegawai, alasan2 yg dikemukakan antara lain :

  1. Takut gak bisa mencukupi gaji untuk karyawan
  2. Takut kerjaan karyawan gak beres atau berantakan, akhirnya kita sendiri yg capek
  3. Takut kerjaan karyawan gak sesuai dengan apa yg kita inginkan

Hal2 seperti ini yg mungkin banyak dirasakan oleh para pelaku usaha, tapi ini yg namanya proses ya Temen2 karena semuanya nggak ada yg instan, itu semua bisa diubah jika kita memiliki mental yg kuat dan berani bertanggung jawab yes..

Sebuah bisnis yang dapat berkembang dengan besar GAK BISA SENDIRIAN. Kita butuh team untuk mewujudkan mimpi dan cita2 bisnis yang besar.

Punya tim itu bisa ngebantu kita untuk meingkatkan omset loh, walaupun dia kita posisikan di produksi, karena nanti temen2 punya lebih banyak waktu untuk ngurusin hal yang lebih penting misalnya penjualan, branding, kerjasama atau buat sistem marketing sendiri.

Tapi ngomongin merekrut pegawai sebenernya gimana sih.. caranya:

  • Kita harus paham dulu dengan core bisnis kita, mau dibawa kemana bisnis kita, bangun bisnis plan nya.
  • Kita harus punya goal bisnis, target omset, target profit
  • Buat struktur organisasi bisnis, mulai dari direktur manager, admin, cs, keuangan, packing, marketing (berhayal aja dlu dehh Hehe.., kosongin aja dlu kotaknya, atau isi semuanya dengan nama Temen2 sekalian, karena memang semuanya kita yg ngerjain)
  • Perkiraan kira2 pekerjaan mana yg Temen2 mulai kewalahan (apakah bagian admin atau bagian packing)
  • Buat daftar
    Job desk yg akan dikerjakan pegawai, contoh job desk admin menjawab chatingan orderan via WA, mencatan transferan, dan packing barang.
  • Buat alur kerja yang lebih rinci, Misal alur kerja admin mengucapkan salam ketika menjawab sapaan konsumen, menanyakan konsumen mau order apa?

    Menjelaskan detil produk, mengecek ongkos kirim, membuat invoice, mengirimkan nomor rekening, mencatat orderan yg sudah masuk, memproses, mengepak barang, mengirim ke kurir, mencatat resi, mengirim resi ke konsumen.

    Alur kerja ditulis dan diberikan ke karyawan untuk disimpan, dibsca dan diingat(Harus sedetil itu mak, jika ingin pekerjaan karyawan sama persis dengan apa yg kita kerjakan agar gak ada salah dalam prakteknya).
  • Kalau omset/profit belum besar, kita sesuaikan jam kerja karyawan sesuai dana yg kita sanggupi untuk menggaji.

    Misal : cuma punya dana 800rb/bulan untuk gaji karyawan maka sesuaikan jam kerja karyawan brp jam untuk gaji segitu, yg penting kerjaan kita ada yg terselegasikan, dan yg penting kerjaan bisa dimaksimalkan, pasti bisa dikomunikasikan.
  • Terakhir Cari pegawai yg bisa loyal, gmn caranya nyari?

    Cari karyawan yg gak menanyakan gaji di awal, karena berarti orientasinya uang, bukan kerja.. cari pegawai yg mau belajar dan bertumbuh bersama

    Mungkin itu aja yg saya bisa share dulu, gmn sudah ada gambaran?..

Jangan takut untuk memulai, selalu tanamkan dalam hati ya..Sebaik2nya manusia adalah manusia yg paling bermanfaat utnuk orang lain

merekrut pegawai adalah hal yg baik, melalui kita bisa menjadi pribadi yang menabung kebaikan untuk kehidupan nantinya dan membantu kelangsungan rejeki untuk karyawan, jangan takut gak bisa menggaji, karena rejeki pegawai sudah ada yang menyiapkannya tinggal kita sebagai pemimpin dan patner kerja mereka yg menjadi jembatannya dengan Amanah.

Mohon di share jika postingan ini bermanfaat, supaya temen2 yang lain bisa dapet manfaatnya juga..

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *