WOW..! TERNYATA 4 HAL YANG PERLU KAMU EVALUASI DALAM BISNIS, APA AJA SIH?

Kebanyakan orang melakukan evaluasi karena 4 alasan Ini!

  1. Bisnisnya banyak masalah
  2. Bisnis tidak berkembang
  3. Tidak tahu kondisi bisnisnya saat ini
  4. Pengen mengembangkan bisnis

Nah, kalau empat hal diatas juga terjadi pada teman-teman, maka ini waktunya untuk melakukan evaluasi. Tapi apa saja yang perlu dievaluasi?

Berikut 4 hal penting yang perlu teman-teman perhatikan:

  1. Keuangan
    Kumpulkan invoice, tagihan, nota pembelian lalu masukkan dalam catatan cashflow kita.

    Jika selama ini transaksi lebih banyak menggunakan sistem online antar bank, evaluasi lebih mudah kita lakukan.

    Btw, teman-teman sudah disiplin memisahkan rekening usaha dan rekening pribadi kan, ya? Kalau belum, coba mulai pertimbangkan. Karena dengan memisahkan keuangan, tentu saja evaluasi bisnis akan lebih mudah dilakukan.
  2. Kinerja dan target bisnis
    Target bisnis tidak tercapai? Coba analisis, apakah strateginya salah, follow up kepada calon pelanggan terlewat tidak dilakukan? Cek chat terakhir dengan pelanggan, kolom komentar pada postingan media sosial, cara beriklan, review di Google Bisnisku, dan lain sebagainya.
  3. Pengembangan produk
    Coba lirik kompetitor, apakah saat ini juga menduplikasi strategi atau malah produk kita. Jika, ya, maka ini saatnya untuk mencari ide baru.

    Mengembangkan produk tidak selamanya harus ada produk baru; bisa saja kita berkembang dengan strategi baru, misalnya membuat produk bundle, promo di momen tertentu, membuat kuis untuk menjaring ide dari follower, dan lain sebagainya.
  4. Evaluasi masalah yang muncul
    Komplain lebih banyak muncul di bulan ini? Atau pelanggan lama berpindah ke lain hati? Nah, coba cek kenapa bisa terjadi.

    Jangan-jangan kita lupa memenuhi janji untuk memberikan diskon? Atau kakak Admin kita sedang tidak semangat follow up?

    Terkadang, masalah-masalah yang tak terlihat bisa sangat mempengaruhi datang dan perginya pelanggan. Jadi, buka mata, buka telinga, latih terus emosi, agar kita mampu melihat masalah-masalah kecil di seputar bisnis yang kita jalani.

    Keempat hal diatas tidak harus dilakukan dalam sehari sih, satu topik, bisa teman-teman lakukan setiap minggu. Cara lain, biasakan untuk memiliki catatan yang harian yang berisi target harian, pencapaian harian, masalah yang timbul, termasuk ide-ide yang muncul untuk mengatasi masalah.

Sedikit ribet, tapi catatan akan membantu teman-teman lebih mudah melakukan evaluasi, lho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *